1.8.06

Gara" Sinetron

Kemarin saya lihat di TV mengenai penggusuran perumahan liar di bawah jembatan layang Cengkareng.
Ada seorang ibu berteriak2 histeris, "Ancurin aja rumah2 di sini! Bakar aja sekalian! Biar Rahasia Illahi yang akan membalasnya! Biar bapak2 kamtib semua kena Rahasia Illahi biar pada nyesel!"

...

Sehari sebelumnya saya temu kangen dengan kawan2 kampus. Salah seorang kawan tampak tidak menikmati reuni kami karena diganggu terus2an oleh sms istrinya.
"Sialan! Istri gw bawaannya curiga melulu, setiap suami keluar rumah pasti di-cek tiap 10 menit! Pasti kebanyakan nonton Hidayah!" gerutunya.

...

Beberapa hari sebelumnya, seorang kawan yang beda keyakinan dengan saya bertanya dengan nada prihatin, "Heran, apakah Allah penuh azab begitu?" Rupanya ia kerap melihat cuplikan2 sinetron religius yang tengah booming di TV.

...

Jadi mau menyalahkan sinetron? Di luar kualitasnya yang 'kurang mumpuni' sebagai karya seni, mungkin cerita dari sinetron itu sendiri memang mengandung makna/hikmah. Tapi sayang semua digarap seadanya, secara faktor kejar tayang, sehingga kuantitas mengalahkan kualitas.
Padahal mayoritas penonton Indonesia masih menyerap mentah2 apapun yang ditayangkan di TV. WYSIWYG. Tanpa filter. Tanpa pikiran (atau mungkin males mikir).
Jadi kalau ada penggusuran rumah liar maka bapak2 kamtib niscaya akan mendapat azab pedih karena telah menganiaya kaum lemah. Jadi kalau ada cerita suami menyeleweng maka semua pria pasti melakukan hal yang sama.
Jadi kalau setiap azab diekspos 'dengan ciamik' di layar kaca, maka jangan salahkan kalau timbul persepsi keliru tentang suatu agama dan Sang Esa sendiri. 
 
Dan saya yang pada dasarnya memang antipati dengan sinetron cuma bisa bilang,
"Tuh kan, gara2 sinetron..."

11 comments:

  1. itulah bukti lemahnya lembaga sensor film

    ReplyDelete
  2. dulu yg "in" .. sinetron pedang2an pake jawara ksatria,.. trus... sinteron model2 ABG gitu... trus.. setan2... trus roman2 gak penting2... trus anak dan ibu tiri, trus setan2.. trus mulai dee acara tobat2an manusia... apalagi ya trend selanjutnya...

    ...(bukan penggemar sinetron sih.. secara dulu saat kost masih kuliah inilah tontonan rame2 temen se kostan di malang dulu..)
    uggh!!!

    ReplyDelete
  3. WYSIWYG = What You See Is What You Get ... salah tulis tuh ... jadi lebih baik di panjangin dulu baru di singkat =P

    ReplyDelete
  4. xixixi sorry lagi emosi nulisnya :)

    thanx anyway!

    ReplyDelete
  5. Begitu ya....hmm..emang sinetron serem itu ;))

    ReplyDelete
  6. azab akibat gak pernah sms ada gak...? hahahhah

    ReplyDelete
  7. berantas sinetron indonesia, bilangin tuh sama raam punjabi kalau bikin sinetron cari cerita yang bagus napa????

    ReplyDelete
  8. barusan di-sms temen, katanya di rcti bakal tayang sinetron I Love You, Boss... terinspirasi dari film I love You, Oom...

    *sambil ngasah bambu runcing buat perjuangan menumpas sinetron*

    ReplyDelete
  9. huh??? ga kreatif amat seh... hihihihi, semua aja dibikin sinetron. makin ga penting... setuju, kita bikin laskar penumpas sinetron ga bermutu di indonesia...

    ReplyDelete
  10. tapi dgr2 raam punjabi mo bikin sinetron ttg MPers loh!

    psst, daftar kasting yuks, kekeke....

    *tebargossip*

    ReplyDelete