6.8.07

7Horror

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Horror
WARNING: SPOOKY CONTENT! Dapat menyebabkan lemah jantung, paranoid, mungkin juga gangguan kehamilan dan janin.

Dari sekian banyak film horor yang sudah ditonton, tersebut 7 film yang paling meremangi bulu kuduk. Kenapa bintang 5? Urutan dibuat berdasarkan tingkat keseramanan versi duaBadai, dan masih mungkin berubah secara ada banyak kandidat lain yang belum ditonton: The Shining, Rosemary's Baby, dan mungkin juga Alone yang sedang tayang di bioskop.
Btw kalau ada salah kata atau kesamaan nama/tempat, mohon dimaapkan ;p


[7] BAYI AJAIB
Sekilas mirip The Omen, film asli Indonesia ini berkisah tentang seorang anak yang dipengaruhi kekuatan setan.
Film generasi 80an ini masih punya efek sederhana, 'cemen' kalo bisa dibilang begitu. Namun berhubung saya nontonnya ketika masih kecil, euphoria ketakutan itu masih tetap membekas sampe sekarang.

spookiest scene:
- kakek2 nyeremin muncul dari lubang ventilasi kamar mandi, udah gitu ada tangan kehitaman menjulur keluar dari lubang toilet
- pengendara motor pas ngelirik spion ternyata ada bayangan kakek2 menyeringai dari belakang punggungnya, padahal dia sama sekali gag bonceng siapa2

side effect:
jadi males ngojek, dan sempet parno sama lubang2 di toilet ;p


[6] IT
Kisah tentang badut durjana yang menghantui sekelompok anak2, bahkan hingga mereka beranjak dewasa.
Stephen King emang jagoan nakut2in orang, apalagi bagi saya yang masih polos waktu menonton ini (maksudna menonton dalam keadaan polos, kkkkk :D)

spookiest scene:
- pemunculan muka badut dari gorong2
- ilustrasi di buku yang tiba2 bergerak sendiri

side effect:
jadi antipati sama yang namanya badut ataupun ondel2


[5] THE OTHERS
Berkisah tentang keresahan Nicole Kidman dan dua anaknya oleh munculnya hal2 misterius di dalam rumah yang mereka tempati.
Gelap, mencekam, dan ending yang mengejutkan, ah saya suka 'ditipu' oleh film ini.

spookiest scene:
- Nicole menegur anak perempuannya yang sedang main boneka2an, tapi ternyata yang nengok malah nenek2, hiiiiy!
- album foto jadoel yang isinya ternyata gambar2 orang mati, termasuk foto para pelayan yang baru saja diterima kerja di rumah itu

side effect:
makin suka sama Nicole yang bermain ciamik disana (halah)


[4] JU ON
Cerita tentang rumah terkutuk dengan banyak adegan dan efek suara yang 'terkutuk' pula. Nyeremin!

spookiest scene:
- sesosok kepala yang tiba2 muncul dari balik tingkap loteng diiringi bunyi erangan yang menyeramkan
- jasad perempuan yang terbungkus plastik berusaha turun dari tangga, dengan bunyi kresek2 dan kretak2 yang bikin merinding

side effect:
suka niru2 bunyi erangan (meski hasilnya malah terdengar seperti 'erangan' dalam arti lain) ;p


[3] THE RING
Adalah petualangan Sadako membalas dendam lewat video maut.
Film versi Jepun-nya emang lebih mumpuni. Senyap, lebih sedikit ilustrasi musik, alur lambat, namun JREEEENG sekali setannya muncul langsung ngagetin abis!
Ini film pertama yang sukses bikin saya teriak ketakutan!

spookiest scene:
- Sadako muncul keluar dari layar tipi, dengan cara merangkak yang aneh, dan cara berjalan yang gak banget
- sewaktu manjat sumur dikejar Sadako, kirain doski udah nyerah ngejar, eh gak taunya mukanya udah ada disamping aja gitu, kyaaaaaa!

side effect:
mental break down, yang tadinya takut, tapi terakhirnya malah kasian sama Sadako


[2]  THE EYE
Apa jadinya kalo menerima donor mata dari seseorang yang ternyata mati bunuh diri? Tentu saja bisa melihat kematian, penjemput nyawa, dan hal2 gaib lainnya. Meskipun ending-nya antiklimaks, inilah film Asia lainnya yang mampu bikin saya teriak sekaligus pengen kabur ke ujung dunia (mulai hiperbolis) ;p

spookiest scene:
- suara rintihan sayup2 di koridor rumah sakit, kemudian hening bbrp detik, dan tiba2 aja suara rintihan itu terdengar keras tepat di kuping
- adegan terhoror dalam lift, ada bapak2 tua di belakang, mukanya cuma sebelah, dan dia melayang aja gitu hingga mendekati tengkuk

side effect:
gak pede kalo di dalam lift sendirian, kecuali lift yg banyak cerminnya (narcissus syndrome)


[1] PENGKHIANATAN G30S/PKI
Lho, kok bisa?

spookiest scene:
- waktu anaknya DI Panjaitan menjerit histeris "Papiiii! Papiiii!" sambil melumurkan darah papinya ke muka
- waktu adegan penyiletan wajah, trus oknum Gerwani-nya ngemeng gini "Darah itu merah, Jenderal!"

side effect:
bahwa Soekarno itu pengecut, Soeharto itu 'the only hero', dan Gerwani itu perkumpulan ibu tiri...
*pikiran seorang Badai kecil nan lugu*

Namun ternyata itu semua cuma propaganda Orba untuk menyuci-otak rakyatnya.
Wajar kalo kemudian gw mengkategorikannya sebagai film horor paling top!

73 comments:


  1. gue paling takut nonton texas massacre bro..

    ribet banget nontonnya..

    ga selesai2... deg degan teruss...!!!

    :)

    ReplyDelete
  2. gw takut film nya susanna

    walau efeknya cemen abis tetap nakutin

    ReplyDelete
  3. emang deh bandut dan ondel2 itu serem. gara2 dandanannya yg spooky plus suka godain anak kecil yang bagi icha kecil tampak seperti monster yg sedang mengejar mangsanya >_<

    ReplyDelete
  4. aldi
    gw takut ama suzana.....gw gak inget judulnya
    critanya waktu itu suzana hamil dah gede banget
    trus somehow perutnya meletus..isi perutnya bececeran kemana2

    moral of the story :
    gw takut hamil dan melahirkan sampe sekarang

    ReplyDelete
  5. the shining lumayan keren. tp ga gitu nyeremin.

    emang G 30 S PKI paling pol,, hehehhe... pasti gag bisa tidur klo bis nonton gituan. kebayang lagu genjer-genjer... ;(

    ReplyDelete
  6. huwaaa aku langsung merinding
    kebayang gak siy tiap taun kudu nonton filem itu....

    ReplyDelete
  7. ALDI ITU NDESOW JENDRAAAAAAL!!

    wakakaka
    btw kata2 itu gw suka banget bro!!
    megang abieeeees!!

    gw paling ga suka badut
    apalagi badut dibikin horor
    hiyyyyyyyyy

    ReplyDelete
  8. gina
    susanna cuma kan sexeh
    biar nakutin pasti ada adegan nudis
    hiiiiiiy;p
    biar dia sexy mnuerut gw dia kek setan!

    ReplyDelete
  9. Mas Badai..aku sepakat klo bilang film IT itu menakutkan!!! (ampooon...badut durjana booo, bahasanyaaa.. hihihi..)

    ** The Ring? oke, gapapa juga. walaupun yg menakutkannya cuma bagian dia keluar dari TV aja. (klo menurut temenku: Mas Emir, yg mantan creative director Avicom, The Ring menakutkan karena idenya baru. "Ada cewe yg keluar beneran dari TV dengan efek yg nyaris realistis, itu bikin takut banget," katanya..)

    ** Tapi, film ter-horor menurut aku adalah THE SHUTTER! Ini bikin temenku: Anna, reporter JAK Budaya (infotainment) di koran HJ dulu, sangat menyarankan kami nonton film ini. "Lucu," kata dia dulu. Padahal maksudnya, LOCOOOO! Gila, aku nonton di rumah, siang-siang, rame-rame, tetep teriak2 kaget sepanjang film!
    Terutama waktu adegan si hantunya nengok di foto (padahal lagi diliat pake kaca pembesar!) trus waktu si hantunya berdiri di samping tokoh cowo, sampe si cowo ngira itu cewenya. trus nerima telepon yang ternyata dari cewe benerannya. jadi yang cewe tadi berdiri di samping dia, SIYAPAAA?? Anjrit! takut gw! hehehe...

    ** Dua lagi... The Descent, dan The Hostel. Asli berdarah-darah, tegang, dan... huekkk...gross!

    anyway... nice review!!

    ReplyDelete
  10. ya oloh nuky masak mo kawin masih tetap takut hamil dan melahirkan?
    hihihi...

    aldi, gw tau, lo pasti bikin postingan ini karena terinspirasi sms malam2 yang ngebahas soal film2 horor yang mengesankan ya hahahaha.. tapi gw suka artikel lo yg ini.
    tapi btw, kok Jelangkung gak masuk siy? itu kan serem banget! 6th sense juga keren tuh! Pocong lumayan serem, tapi ceritanya ga masuk di akal.

    Btw, Alone itu jauh kalah serem dibanding Shutter. Tapi cerita Alone keren. Lebih drama dan sedih.
    Kl lo sempet nonton film ini, sekalian foto bareng setan2an yang ada di Blitz.. hihih

    ReplyDelete
  11. ical : makanya dia (susanna) nakutin....jaman gw kecil, nudis itu menyeramkan

    ReplyDelete
  12. klo gak salah, ini sekuel film SUNDEL BOLONG Mbakyuuuu... atau Malem Satu Suro?
    Embeerrrr.. Film-film Susanna beneran gak ada yg ngalahin syeremnya (utk film horor Indonesia), sampe sekarang pun!!

    ReplyDelete
  13. iya zie takut
    kalo bisa gw bertelur aja...ato membelah diri..kkkkkkk

    ReplyDelete
  14. whoaaaa nggak tau nggak tau nggak tau
    sampe sekarang gw masiy ketakutan....

    ReplyDelete
  15. bagaimana dengan sekarang saudara gina?
    anda bukannya termasuk golongan nudist?;))
    tentu sudah tidak menyeramkan lagi.

    ReplyDelete
  16. setuju G 30 S/PKI sbg no 1.
    Dulu gue abis nonton itu ga berani tidur sendirian, selalu minta nyokap tidur meluk gue
    soalnya maish kebayang2 gitu. apalagi musik latarnya juga menyeramkan...
    cuma entah kenapa tahun depannya masih pengen nonton lagi

    ReplyDelete
  17. bikin pesta nudis yuuuuuk

    aldi punya niat terselubung ngajak pesta nudis di blog ini katanya
    huahaha

    ReplyDelete
  18. Heran, G30S PKI serem gitu tapi kenapa kita semua menontonnya?? Padahal masih anak kecil dan jam tayangnya malem. Saya nggak pernah berani nonton bagian berdarah-darah, jadi tidur duluan.

    side effect:
    1. nggak berani ngelewatin ruangan yang ada kalender gambar pahlawan revolusi.
    2. pas ngerjain pr IPS malem-malem, satu pertanyaan yang ada foto DI Panjaitan nya.. sampe pr selesai itu gambar ditutupin pake tempat pensil.

    O ya, SHUTTER katanya serem abis. Saya aja yang cuman dengerin ceritanya dari temen (nggak nonton loh!), malem-malem nggak bisa tidur.. akhirnya tidur di kamar temen kost.

    Btw, review-nya bagus. Heheuu..

    ReplyDelete
  19. G30 S/PKI, itu kan film sejarah..... bukan horor.... film Sadis deh poknya.

    Satu lagi kalo ada yang tahu Darna Ajaib, diperankan sama Lidya Kandau, jahatnya Ria Irawan yang lahir dengan kepala orang berbadan ular... sesaat setelah lahir dia nyebut2 mama.... mama.... sambil nyari mama yang ngelahirinnya. Waktu itu gw nonton blm sekolah masih kecil, tapi keinget terus.
    Pengen nonton lagi........

    ReplyDelete
  20. IT.... ih g gak suka soalnya nih horor pake monster... pan aye kebiasaan nonton horor pake pala buntung...
    tapi adegan spooky sih.... g juga kagak berani...

    ReplyDelete
  21. wah.. reviewnya keren. tapi secara aye baru lahir di akhir 80an, banyak film yang aye gak tau. hahahaha

    ReplyDelete
  22. bayi ajaib.. HIIIIIIIIIIIIIIII........... ;((

    *iya emang tuh jd takut lubang toilet, bak mandi..

    ReplyDelete


  23. koq pelem horor MIYABI gak masuk ?????

    curang neh!!!!

    :D


    ReplyDelete
  24. aku ga akan pernah nonton film horor.. apapun itu T___T
    drpd ga bisa tidur, terbayang2, terkenang2, trus pengen piis sgl macem.. iiih...
    mending nonton kartun aja deh \o/

    ReplyDelete
  25. liat baik2 diriku ini...gw gak termasuk golongan nudis....akuh menentang

    *blee*

    ReplyDelete
  26. trakhir gw nonton film horor itu Shutter... kapok bow...
    karena belum lama gw nonton Ju On... yang dia cuma sendirian di kelas lab... terus pas dia ngumpet di bawah meja lab-nya, dia liat ke atas tuh meja terus ada cewe...
    sama dari lemari baju... ada bayi juga... huaaaaaaaaaaa...

    jangan harap dengan sukses ngajakin gw nonton horor lagi... gak kuat gw... kasian orang disamping gw... bisa lecek gw pegangin sepanjang film mulai... ;D

    ReplyDelete
  27. akoh takyut kalo nonton pelem horor, bawaannya pengen tutup mata aja,
    (walau sekarang sering belagak berani, dan pura2 ga kaget).

    dulu sempet antipati terhadap jendela di kamar mandi, takut ada sesosok kepala muncul, hiiiy.

    moral of the reply: tommy memang bermoral sekaliii !!

    ReplyDelete
  28. bleee kagak nyambung moral of the storynya ....

    ReplyDelete
  29. kamu memang luar biasa.....
    tidak percuma aku milih kamu...
    kamu memang kepala daerah nmor satuuuu....

    ReplyDelete
  30. It itu bener2 luar biasa. Gw nonton sampai tiga kali, sayang pas diputar di TVRI ga ngikutin. Nonton It itu spt mengalami ilusi, soalnya konsep filmnya seperti membalik-balik logika. Gw juga ngefans berat Stephen King karena dia sering memakai latar belakang konsep agama, seperti film ... yang idenya diambil dari kitab perjanjian lama (lupa judulnya, tapi tokoh iblisnya digambarkan sangat takut dengan kucing, ada yg ingat judulnya ga ya?)

    ReplyDelete
  31. tommy for president !!

    *menghancurkan jurnal badai yang landai nyaknyaknyak*

    ReplyDelete
  32. liat ini om, www.eatmybrains.com, lumayan utk nambah2 kehororan... :))

    ReplyDelete

  33. lagu Gendjer-Gendjer karya M Arif.....aku punya versi PH-nya.....yg nyanyi Bing Slamet iringan Orkes Irama pimpinan Jack Lesmana


    padahal liriknya me-rakyat bangett....cuma karena dipake ama PKI, jadinya lagu itu punya kesan magis yg dahsyat..!!!

    ReplyDelete
  34. [1] PENGKHIANATAN G30S/PKI >>emang horror nih film!! dulu tiap taun diputer aja udh sukses bikin gw pengen nonton, tapi pas nonton pengen matiin.

    ReplyDelete
  35. gw takut nonton the decent.....bikin orang jadi klaustrofobia

    ReplyDelete
  36. Agree tuh untuk 'the eye'.. film horror tapi bermakna kalo kata saya.. kalo G30SPKI mah gak pernah nonton euy.. dah ditakut2in duluan ma sister&brother..(jadi penasarannnnnn!!!)
    kayaknya Asia keren deh dalam hal hantu2an.. especially Indonesia...... hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii!

    ReplyDelete
  37. texas massacre yg asli or remake-nya?

    ReplyDelete
  38. gw juga, cuma masalahnya gw lupa judul2na...

    ReplyDelete
  39. danke! btw film horror jerman nyeremin juga gak mas?

    ReplyDelete
  40. iya, kok badut suka anak kecil ya? pedofil-kah?

    ^_^v

    ReplyDelete
  41. aduh gw malah belum nonton yang itu...

    ReplyDelete
  42. lo nonton the shining yang versi tipi or bioskop? yg maen jack nicholson itu loh...

    ReplyDelete
  43. lo emang suka tipe cewek gerwani kan cal?

    ReplyDelete
  44. The Ring bagaimanapun telah melejitkan nama Sadako sebagai seleb terpopuler dari dunia hantu, kkkkk!

    The Shutter, gw juga suka bgt! sayang dia ada diurutan 8 versi gw, jadi gak gw cantumin
    *ngeles*

    The Descent ttg apa tuh? gw malah blon nonton, hehe...

    thnx!

    ReplyDelete
  45. thanx zie, semua gara2 lo nih!

    *nyerahin trophy dan seperangkat alat tulis buat zia*

    Jelangkung ada di urutan 11, The 6th Sense di urutan 9

    ReplyDelete
  46. gw malah pernah denger versi lilis suryani, lebih jadul yg mana tuh?

    ReplyDelete
  47. serem, kalo nonton beduaan aja sama Sadako, kkkk

    :D

    ReplyDelete
  48. emang musik latarnya itu menakutkan abissss

    ReplyDelete
  49. ical lempar batu sembunyi tangan

    ;p

    ReplyDelete
  50. hwahaha lucu juga efek sampingnya pada dirimu :D

    ReplyDelete
  51. andai badut IT itu ketemu Sailormoon.....

    ReplyDelete
  52. makanya baca ini baru tau kan, hehehe

    ReplyDelete
  53. hwaaaa ternyata kita punya ketakutan yg sama, next time ke kamar mandi bareng aja yuuuk....

    ;p

    ReplyDelete
  54. Alone serem juga tuh (kata yg udah nonton) dan masih diputer di Blitz

    ReplyDelete
  55. nanti giliran lo aja chev yang bahas, hahaha dasar budak bangor!

    ReplyDelete
  56. makanya nonton sama aku, pasti kamu akan nyaman terlindungi
    *wink wink*

    ReplyDelete
  57. aduh sampe lecek, jgn2 sampe robek2 juga bajunya
    *kkkkk, emang kalian ngapain sih???*

    ReplyDelete
  58. *ngasih amplop ke tomce biar buruan minggat*

    ReplyDelete
  59. horror tapi bermakna ya? hehehe nice quote!

    ReplyDelete
  60. menonton film horor untuk menjernihkan pikiran demi menyukseskan terselenggaranya pilkada besok

    ReplyDelete
  61. wah reply besar2an Mas?? sampe pusing ini reply untuk comment yang mana yah hehehe... sok atuh dicari reply-an masing2 ...

    ReplyDelete
  62. mau popcorn caramelnya blitz gak mau film horornya

    ReplyDelete
  63. jadi pengen onton bayi ajaib.................

    ReplyDelete
  64. yang horor itu kalo nonton Captain Lord pas lagi maennya jelek.. Hehehehe ( Jayuz ye? )

    ReplyDelete