26.4.06

Genome [The Autobiography Of A Species In 23 Chapters]

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Science
Author:Matt Ridley
Pheww... inilah saya dalam 23 bab. Membaca buku ini serasa membaca rahasia diri sendiri dilihat dari sudut pandang genetika.

Pada saat buku ini ditulis, pada saat buku ini dirilis, pada saat buku ini dibaca, pada saat review ini ditulis, pada saat review ini dibaca, sudah ada banyak perkembangan baru dalam pengungkapan rahasia genetika. Maka maafkan jika hal-hal yang saya tulis ini ternyata sudah tidak terlalu up-to-date.

Buku ini bercerita tentang genom manusia yang hadir dalam 23 kromosom [dimana 22 kromosom diberi nomor urut berdasarkan ukuran dari terbesar hingga terkecil, dan sepasang sisanya adalah kromosom seks XX atau XY].

Sungguh menakjubkan mengetahui betapa informasi digital yang terekam dalam salinan DNA manusia mampu mengungkap misteri kehidupan yang telah dilalui leluhur kita hingga empat milyar tahun silam.

Keberatan jika leluhur kita ternyata hanyalah untaian protein?

Keberatan jika nenek moyang kita semua berasal dari Afrika bagian tengah?

Keberatan jika gen manusia adalah 98% identik dengan gen simpanse?

Wow, banyak hal-hal di luar pemahaman saya selama ini yang ternyata terekam dengan baik dalam kode-kode genetik manusia.

Well, membahas keduapuluhtiga kromosom tersebut pastinya akan sangat panjang. Baca saja sendiri bukunya dan temukan keajaiban ilmu pengetahuan yang akan membuat kita 'waaaaaah'.

Mungkin nanti jika saya ingat [jika gen CREBB saya yang terletak di kromosom 2 masih setia bersekutu dgn gen CREBBP di kromosom 16 untuk mengaktifkan memori pada otak], saya berniat untuk mengangkat beberapa topik menarik dari buku ini ke dalam blog saya. Maka ingatkan saya [in case something happens...]

:)

3 comments:

  1. wah, kayaknya kita agak2 se-aliran juga nih...:)

    ReplyDelete
  2. gi, kita sealiran dalam hal apa? soal afrika tengah or soal simpanse itu? xixixixi

    ^_^

    ReplyDelete