21.2.07

Kesalahan Saya Adalah Memercayai Seorang Teman Baik

Teman, kau dimana? Panggilan tak terangkat, pesan tak berbalas. Marahkah kau pada saya? Atau malu?

...

Awalnya kau pintaku datang, memelas karena dikejar waktu, dan meminta dibuatkan dua buah desain begini begitu. Pada mulanya saya enggan karena waktu yang terbatas. Namun setelah beberapa penyesuaian (dan melihat betapa tak berdayanya dirimu di bawah kejaran deadline), akhirnya kita pun sepakat berkongsi.

Saya sudah dua kali menanyakan tentang perjanjian kerja, dan sudah dua kali pula kau yakinkan saya bahwa hal itu bisa diatur belakangan. Deadline sudah didepan mata. Apalagi kau pastikan bahwa
dirimulah yang memegang proyek ini. Dan saya percaya.

Itulah kesalahan saya.

Jangan pernah percaya siapapun, termasuk teman baik, untuk urusan bisnis tanpa hitam di atas putih. Hukumnya mutlak.

Demikianlah, cuma dalam tiga hari saya menuntaskan pekerjaan darimu terlebih dahulu. Lengkap dengan 4 buah bonus desain hasil pengembangan dari materi dasar yang kau inginkan.
Plus logo perusahaan yang saya perbaiki dalam format freehand, jpeg dan png sekaligus, karena sebelumnya kau cuma punya format jpeg in poor quality. Semuanya saya lakukan tanpa pamrih, karena kau teman baik saya.

Serah terima pun dilakukan, yang mestinya dilanjutkan pembayaran tunai. Ternyata kemudian katamu dana belum cair, jadi honor saya belum bisa dibayarkan. Ya sudah, saya percaya saja. Pesan saya, kasih kabar saja kalau uangnya sudah ditransfer.

Seminggu lebih berlalu ketika kau kabari bahwa dari dua materi desain yang dipesan, cuma satu buah yang akan dipakai, jadi honor saya cuma dibayarkan setengah. What???
Mestinya kan kalau sudah pesan dua loyang chocolate devil, ya pemesan tetap harus bayar seharga dua loyang dong (itu sih sudah resiko pemesan kalau yang satu loyang mau termakan atau tidak). Kan logikanya begitu.
Kecewa memang, tapi berhubung tak ada bukti tertulis, maka saya tidak mau memperpanjang masalah. Walau bagaimanapun kau teman baik saya. Lagipula kau bilang pembayaran akan dilakukan secepatnya.

Seminggu lebih kembali berlalu ketika iseng saya cek rekening, ternyata ada uang masuk sejumlah seperempat honor yang kau janjikan. Merasa tidak yakin, saya coba konfirmasi pada dirimu. Tanpa beban kau bilang, kantormu akhirnya memutuskan cuma memakai satu dari 4 buah bonus desain yang saya buat. Jadi saya cuma dibayarkan seperempat.

Padahal saya sama sekali tidak mengenakan charge tambahan untuk bonus desain, yang saya minta awalnya cuma pembayaran untuk dua buah desain utama sesuai pesanan. Jadi dengan kata lain, jika saya memberi bonus 10 buah desain, dan cuma dipakai satu, maka saya cuma dihargai sepersepuluh dari kesepakatan harga, begitu?

That's it!
Perhitungan macam mana ini? Benar-benar pelecehan profesi.
Saya tahu intonasi suara saya meninggi sewaktu berkonfrontasi mengenai hal ini.


Entahlah, mungkin kau tersinggung, ikut marah, ikut kesal, ikut bersalah, saya tidak tahu. Tapi yang jelas sejak saat itu kau tidak bisa lagi dihubungi.

Sebenarnya saya bisa datang ke kantormu, dan meminta kejelasan masalah ini. Tapi kedudukan saya lemah karena tiada bukti hitam di atas putih. Lagipula saya tahu pasti kau akan menanggapi kedatangan saya dengan kepala tidak dingin sehingga intonasi suaramu akan meninggi dan mukamu yang putih itu akan memerah dan rekan2 sejawatmu akan memerhatikan dan petugas sekuriti akan berdatangan, jadi saya putuskan untuk tidak bertandang ke sana. Tidak lagi.

...

Padahal teman, masalah honor itu kini sudah saya ikhlaskan. Saya sudah mendapat pelajaran dari kesalahan. Biarlah Yayasan Sosial tempat kau bekerja itu mendapat berkah biar bisa terus berderma.

Saya cuma mau kau tahu, saya sedih karena niat baik untuk membantu dirimu malah berujung pada retaknya pertemanan kita.



85 comments:

  1. tabah ya badai....
    Pasti akan lebih banyak lagi rejeki yang sudah disiapkan dihari-hari selanjutnya....

    Cheerrsssss.....

    ReplyDelete
  2. sekali lagi gw ulang...
    seperempat??
    udah bikin capek2..buru2..demi temen pula.
    malah...
    $*^&(*$Q@)&^&

    hufff....maap ya aldi..jadi esmosi juga

    *pernah ngalamin yg hampir serupa sih*

    ReplyDelete
  3. hik..hik...
    sabar ya...
    pasti ada kekuatan di balik semua in i..
    *tumben nih.. dengan curhatan yang puuanjang abis...*

    ReplyDelete
  4. teman oh teman....
    sahabat oh sahabat....

    sabar ya, mas....

    ReplyDelete
  5. tuh belajar dari kesalahan!! btw, perasaan waktu itu jg kena kasus gini juga, sekarang lagi nih? wah wah baik hati sekali dirimu di

    ReplyDelete
  6. hidup ini memang kejam ya?
    tap santai aja lain kali hati2 dalam memilih teman yang mw di ajak bisnis!!

    ReplyDelete
  7. ayo lain kali selalu sedia form kontrak...

    temennya dikasi sanksi sosial saja.. :D

    ReplyDelete
  8. itu klien lo yang di kodel bukan? sinih gue datengin ajah... ;P

    ReplyDelete
  9. kata guru saya : ....inilah saat yang tepat sebagai sarana untuk melatih kemurahaan hati kita (maaf dan iklas.)

    tapi bagaimana pun juga...pengalaman adalah guru terbaik.

    ReplyDelete
  10. turut menyesal bro dirimu mempercayai orang yang salah

    sedih juga...



    ReplyDelete
  11. telanjanginnnn!!

    anyway...turut prihatin ya...memang susah mencari teman baik bung.

    ReplyDelete
  12. sabar yaa mas...

    semua pasti ada hikmahnya...

    ReplyDelete
  13. hantam aja pakai lu punya badai! :D
    eh tapi jangan dink... kata papah, klo kita bisa tetap berbuat baik pada orang yg jahatin kita, kita bakal naik level jauh di atas dia. so dia skr ga level lagi ma kita, jadi ga usah diakrabin lagi, cukup didoain aja moga kita korban terakir dia... amiiiin

    ReplyDelete
  14. Masalah uang memang rentan...sangat sensitif, apalagi sama teman atau sahabat
    Kudu bisa tegas misahin antara pekerjaan profesional dan pertemanan
    Semoga bisa jadi pengalaman berharga agar tidak terulang lagi
    Sabar ya di, semoga di'bayar' berlipat ganda...

    ReplyDelete
  15. sebagai hadiah hiburan..saya kasi kalung kura2..bonus essential oil mau ga?

    ReplyDelete
  16. nuky dan hadiah hiburannya

    kalo badai maunya baby oil... dia suka pake tuh buat pelicin jadi ga lecet
    wakakakaka

    ReplyDelete
  17. resiko terlalu percaya kpd orang lain mas, terkadang teman yg sangat baikpun bisa menjadi syaitan yg jahat... namanya jg manusia, tak luput dr dosa... sebagai teman yg baik, dirimu harus memaafkannya:) biar Tuhan yg membalas...

    ReplyDelete
  18. kkkk baby oil? mao yang johnson ato zwitsal ? hihihihihi

    ReplyDelete
  19. uh.. cupcupcup..
    saya masih mau jadi temenmu koq..

    ReplyDelete
  20. huehehehe, gue juga pernah tuh. ngerjainnya agustus taon kemaren, dibayarnya bulan januari, itu juga baru dua per tiga dari kesepakatan harga tanpa kontrak. mungkin temannya sama kayak temen gue, lagi khilaf. doain aja biar waras. kalo gak waras juga, baru deh dukun bertindak. XD

    ReplyDelete
  21. wah ketawan ya lo bedua suka pake pelicin
    *kejam lo cal, temen lg sedih dibegonoin*

    ReplyDelete
  22. saat keyakinan dipatahkan masihkah mau berpegang?
    ditusuk memang sakit, tapi dari sakit itu kita belajar mengobati..
    kalem bro...

    *nepuk2 pundak gadis disebelah*

    ReplyDelete
  23. just my qoute :m only trust yourself, not others. kalaupun kamu mempercayai orang lain, jangan berikan kepercayaan sepenuhnya. just incase terjadinya Wan prestasi (cidera janji) sakit men.... oke aku turut bersimpati dg masalah kamu. ambil positifnya saja, anggap pekerjaan yg kamu lakukan itu utk mengupgrade ilmu desain grafis kamu. yang kedua, Cukup kamu pahami saja kejadian seperti ini. dan jangan berikan kepercayaan lagi kepada orang ini.

    ReplyDelete
  24. hwaaaa terima kasih semuanya sudah memberi dukungan moral buat gw [sampe ada yg mau ngasih pelicin segala, kekeke!]
    sumpeh tanggapan dari lo-lo semua malah bikin gw lebih terharu daripada kejadiannya sendiri [hiks]

    thank God i managed to get over it. thank u so much guys. love you all!!!

    :)

    ReplyDelete
  25. yah badai lagi bete.....ati2 sama orang ya?
    klo masalah bisnis sih emang jgn pernah percaya sama teman, bahkan pacar saya yang dulu brusaha nilep uang hasil usaha kita be2......makanya.....siapa pun dia, jangan pernah langsung percaya and bahkan....sama pacar sendiri....(kalo bisnis lhooo...)

    intinya sih ati2 ajah.....tabah ya....mungkin ada rejeki lain yang menanti...

    ReplyDelete
  26. tumben postingan badai tidak ada logo smile :P ternyata bisa sedih juga seorang badai :P

    Here's the thing.. yang namanya Duit tuh Panas (kata orang sunda.. well, lebih exact kata kakak2 gw hehehe),, lah wong, sodara, bapak-anak, ibu-anak aja bisa berantakan gara2 duit :)
    Makanya hitam di atas putih tuh penting... jangan lupa materai & saksi plus kontrak yang jelas... supaya lebih kuat posisi kitanya kalo mo nuntut ;)

    ReplyDelete
  27. di.. nih saran dari ahli hukum perlu diperhatiin .. tul kan widh..
    *di.. lo dah baik2 aja kan..???*

    ReplyDelete
  28. gw jadi inget yang kemaren... sabar bro badai pasti berlalu...
    untung gak jadi gw ambil... :D
    tenang ntar juga kena batunya... ;p

    ReplyDelete
  29. badai pasti berlalu...?? aldi ilang dong..
    Di..kayaknya judulnya tidak sesuai EYD deh .. tapi aku bingung juga secara dulu males banget pelajaran bahasa indonesia..
    hik..hik...
    memercayai-->> mempercayai..???..

    ReplyDelete
  30. iya enggak lah... orang biarpun badai pasti berlalu...
    badai selalu akan datang kok... itu sudah terbukti.... oleh banyaknya badai-badai yang lain...

    hihihihihi....
    coffe morning fien...

    ReplyDelete
  31. kopi susu dari OB belum datang... terpaksa airputih dulu nih...
    *jadi gak nyaman nih perut kena air putih dingin pagi2...*

    ReplyDelete
  32. gw dah coffee morning plus roti bakar keju pagi ini... yummie deh...

    hidup itu harus dinikmati biarpun nganggur juga... ;D

    mau? masih ada neh...
    *nyariin mug buat arifien*

    ReplyDelete
  33. kenapa fien???
    biar gak gemuk ya... ato mencegah diabetes???

    ya sudah ini sekalian sama rotinya...
    *duh nyarap pagi yang mewah, kaya di londo kata mak'e*

    ReplyDelete
  34. tampang aku sih agak2 londo dikit sih.. jadi ya cocok2 aja makan kayak gini...
    ntar kalo saparan pagi "sego pecel" tampang ku berubah lagi...
    hik..hik..
    *ditt,.. aku wis wareg ki... suwun yo sarapane.. sesuk maneh..*
    (kok logatku logat jawa sih, bukan logat londo...*

    ReplyDelete
  35. danke voor jou ook fien...

    senangnya punya temen yang makannya banyak... besok mampir lagi yah...
    kita sarapan bareng lagi...

    *sambil ngeberesin gelas dan piring*

    mau nyemil???

    ReplyDelete
  36. ...karena imbuhan "me-" jika diikuti konsonan "p" maka menjadi "mem-"

    paku -> memaku
    panah -> memanah
    pulang -> memulangkan
    pandang -> memandang
    percaya -> memercayai

    eh bener gak sih? cmiiw!

    ReplyDelete
  37. iya ya.. bener juga..
    duh... pelajaran kelas berapa ya pak guru..
    tapi... memercayai..?? kayak bahasa jawa..

    ReplyDelete
  38. orang sabar disayang Tuhan, justru pada saat2 begini kita biasanya tau mana kawan mana lawan. so cheers dan sabar aja. orang baik ngga akan lepas dari rejeki koq....

    ReplyDelete
  39. @arifien & larascoolcas : malah OOT di tempat blog serius. gimana deh. xixixixixixixixi. *kiddin*

    ReplyDelete
  40. jalani hidup ini dengan tabah
    hidup itu mengalir sangat deras
    jangan sampai kita terhanyut dalam alirannya!!

    ReplyDelete
  41. eh joshua..
    kemana aja.. kayaknya kerjaan baru lebih sibuk ya...

    ReplyDelete
  42. buat yang nyusul belakangan [ike, widhi, ditta]
    makasih juga ya responnya :) gw udah baek2 aja kok, love you too!

    buat indah
    love you more!

    buat arifien
    tuh udah dijawab di atas

    ReplyDelete
  43. yakin udah baik2 aja..
    kok matanya masih merah...???

    ReplyDelete
  44. buat joshua & hemi
    eh ada kalian juga! hehehe thanx guys! love you!

    ReplyDelete
  45. eh ada joshua & hemi juga

    thanx guys!

    :)

    ReplyDelete
  46. yang ngeduluin arifien josh...

    *lempar batu sembunyi dibalik windu lho????*

    ReplyDelete
  47. yang nawarin kupi dulu siapa coba.. huk..huk..!!

    ReplyDelete
  48. buat joshua & hemi
    thanx guys!

    buat arifien & ditta
    singkong dikasih ragi jadi tapeeee deh....

    ReplyDelete
  49. aduh gw kok serasa dapet piala oscar:
    "thank you all for your support, love you, bla bla bla..."

    ;p

    ReplyDelete
  50. duh dia batuk... air putih fien...

    *sambil nyodorin gentong air*

    ReplyDelete
  51. duh...baiknya dikau Om... hiks ! jadi terharu...*lho?!*
    niat baik akan berbalas baik...Om...bukan begitu bukan...?? dan semoga temennya segera menyadari betapa nilai suatu persahabatan n kepercayaan itu...sungguh tiada tara...ra...ra...ra...

    ReplyDelete
  52. hiks, hwaaaaaaaa...
    *langsung nangis di pangkuan ridhan*

    hehehe btw makasih ya adik sayang :)

    ReplyDelete
  53. hehe sama2..Om Badai :))
    *tapi jgn nangis dipangkuan yah...Ridhan kadang msh suka "ompil" hihi malu ..*

    ReplyDelete
  54. aduh pantesan tadi kok ada aroma menyengat gitu, kekekeke

    ;p

    ReplyDelete
  55. aldi... kok nggak love g sih...
    *ngiri.com*

    ReplyDelete
  56. huh? perasaan gw udah love u all deh...
    ya udah, love u iaaaaaaaaaaaaaaaaan

    :X

    ReplyDelete
  57. kamu percaya ama aku khan...

    *twink.....*

    ReplyDelete
  58. duh... jangan nangis dunk... cup2....
    ntar om leo potretin lagi deh... tapi nude ya...

    ReplyDelete
  59. ini ditujukan buat ike atau gw sih?

    *curigation*

    ReplyDelete
  60. woy! kalian berdua disetrap karena sudah bikin rubrik oot!

    ReplyDelete
  61. ya ampyun foto nude!!!! berdua ike????

    ReplyDelete
  62. males ikutan obrolan ga penting...cabut ah...

    ReplyDelete
  63. ike jangan pergi, biar leo aja yg cabut!

    kkkkkk

    :D

    ReplyDelete
  64. berbisnis fren-fren sebetulnya itu adalah peluang. jangan hopeless Di, tetep semangat dan upayakan sekarang legalitas usaha yang bisa disiapkan kapanpun juga dalam kerjaan yang instan..

    gut luck!

    ReplyDelete
  65. Baru baca2 lagi blog kamu Di, gak spt dulu niy aku bisa lgs telp yah tuk find out xi xi xi xi xi ... anyway condolences aja sama masalah mu yg ini ... klasik bgt siy buat seorang Aldy, just spt comment2 aku ke kamu dari dulu2 lah ... Kamu terlalu baek siy jadi orang, and I think it's time to look-up to the "other" direction dear ... rejeki gak akan lari kemana, tapi kalo selalu di "taking advantage" kan gak fair sama dunia persilatan donk ...

    ReplyDelete
  66. padahal saya mah cuma prasangka baik sama semua orang, tapi ujung2nya jadi berkesan naif gitu :(

    but i managed to get over it, don't worry, thanx for ur concern anyway :)

    ReplyDelete